Menggapai Mimpi di Tengah Pandemi

 



Mimpi besar seorang Raihan Febrianto Grahadi ialah menjadi seorang yang handal dalam programer ,menjadi seorang TECHNOPRENEUR, dan menjadi seorang penemu Teknologi yang sangat bermanfaat bagi semua orang. Namun sebuah mimpi besar saya tidak akan terwujud bila saya tidak mengalami proses. Sebuah proses yang dapat mewujudkan mimpi saya ialah berproses dalam pendidikan, pendidikan formal maupun non formal. Pendidikan formal bisa saya dapatkan dengan kuliah yang sedang saya jalani di prodi sistem informasi, sedangkan pendidikan non formal bisa saya dapatkan dengan mengikuti pelatihan yang diselenggarakan institusi tertentu. Namun ada satu hal yang sangat berharga dan penting dalam berproses, yaitu sebuah pengalaman.

Sebuah pekerjaan yang saya ingin kan ketika lulus S1 menjadi android developer disebuah perusahaan e commerce dengan gaji 10 juta/bulan, freelance web developer dengan gaji 45 jt/bulan. Namun ketika umur saya sdh menginjak 39 tahun saya ingin menjadi TECHNOPRENEUR dibidang IT, membuka sebuah usaha F&B. Tidak hanya itu saya ingin membentuk sebuah ukm kecil kecil yang banyak yang terdiri di semua bidang dari pertanian, peternakan,dll dengan gaji total 10M/bulan. Ketika semua sudah berdiri saya buat sebuah koorperasi yang menaungi segala usaha saya dan mendigitalisasi segala bentuk transaksi.

Berkaitan dengan hal tersebut, tentunya saya harus bisa berjuang dan berdoa agar terwujudnya mimpi besar saya, karena semua yang dijelaskan tersebut dapat menunjuang saya untuk menjadi seorang Technopreneur. Selain itu, sesuai dengan dokumen KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) Aptikom yang salah satunya berbicara tentang Masalah Sosial dan Profesional Praktek (SP) “Terkait dengan pertimbangan dan analisis mengenai isu sosial, etika, hukum, dan professional yang berkaitan dengan konteks komputasi.” Tentunya dapat menunjang pekerjaan saya nanti, khususnya sebagai seorang Technopreneur.

Dua buku pedoman Sistem Informasi yang selaras dengan capaian/ tujuan hidup saya yaitu IS2010 dan KNNI Aptikom juga. Sesuai yang dijelaskan dalam IS2010 tentang Sistem Informasi, yaitu saat ini penggunaan informasi dan komunikasi itu efektif dan efisien. Teknologi merupakan elemen penting dalam mempertahankan atau mencapai keunggulan kompetitif untuk organisasi bisnis dan keunggulan dalam layanan untuk pemerintah dan organisasi nirlaba, maka dari itu. Sistem informasi penting untuk identifikasi suatu masalah , analisis, dan pengambilan keputusan. Setelah lulus dari S1 SI adapun capaian pembelajaran dari program studi S1 sistem informasi. Berikut capaian pembelajaran:

1. Matematika dan Statistika

1.1. Menerapkan konsep-konsep probabilitas dan statistik untuk menganalisis data guna mendukung pemecahan masalah

1.2. Menjelaskan konsep dan teori dasar logika dan struktur diskrit untuk mendukung permodelan dan penganalisaan masalah

1.3. Menginterpretasikan dan menyajikan hasil analisis data dalam bentuk dan format yang dimengerti oleh pihak yang berkepentingan

2. Algoritma dan Pemrograman

2.1 Menerapkan konsep dan teori dasar pemrograman komputer untuk membantu memecahkan masalah

2.2 Mengidentifikasi beberapa bahasa pemrograman beserta karakteristiknya

3. RPL

3.1 Menjelaskan tahapan pengembangan perangkat lunak.

4. Pengolahan Data & Informasi

4.1. Menjelaskan prinsip-prinsip dasar dalam pengembangan basis data

4.2. Mengidentifikasi dan merancang basis data sesuai dengan kebutuhan organisasi

4.3. Mengimplementasikan rancangan basis data pada suatu DBMS

4.4. Menjelaskan prinsip-prinsip dasar dari integritas, keamanan dan tingkat kerahasiaan data pada suatu basis data

4.5. Memilih teknik dan perangkat data mining untuk membantu dalam pemecahan masalah

5. Arsitektur Komputer

5.1. Menjelaskan arsitektur dasar dari suatu sistem computer

5.2. Mengidentifikasi kebutuhan sistem operasi dari suatu sistem computer

6. Sistem Terdistribusi

6.1. Mengidentifikasi kebutuhan jaringan dari suatu organisasi

6.2. Merancang topologi dari suatu jaringan computer.

6.3. Mengidentifikasi dan menformulasikan kebutuhan keamanan sistem informasi dari suatu organisasi

7. Bisnis dan Manajemen

7.1. Mengidentifikasi prinsip-prinsip dan konsep dasar pengelolaan suatu bisnis organisasi

7.2. Mengidentifikasi regulasi, kebijakan dan prosedur bisnis yang berdampak pada implementasi sistem informasi

7.3. Menjelaskan bagaimana informasi dapat digunakan untuk membantu dalam perencanaan operasi dan pengendalian suatu bisnis organisasi

7.4. Menjelaskan berbagai teknik dan metoda pengambilan keputusan dalam pemecahan masalah organisasi

7.5. Menggunakan ICT untuk mendukung bisnis proses

7.6. Melakukan pengukuran kinerja sebuah proses bisnis.

8 Sistem Informasi

8.1. Menjelaskan komponen organisasi, teknologi dan manusia dari sistem informasi

8.2. Menjelaskan bagaimana organisasi dapat menggunakan sistem informasi untuk kepentingan kompetitif

8.3. Menjelaskan bagaimana sistem informasi dapat mendukung proses pengambilan keputusan dalam suatu organisasi

8.4. Mengidentifikasi dampak sistem informasi terhadap organisasi, aktivitas bisnis, masyarakat maupun individu

8.5. Menjelaskan berbagai metodologi pengembangan sistem informasi

8.6. Menggunakan berbagai perangkat dan metoda untuk menganalisis aliran dan struktur informasi dalam proses organisasi

8.7. Menggunakan UML untuk memodelkan rancangan konseptual dari suatu sistem informasi

8.8. Merancang sistem informasi sesuai dengan prinsip-prinsip user centred design

8.9. Menjelaskan pentingnya keterkaitan antara strategi bisnis dan sistem informasi dalam menunjang efisiensi dan efektifitas investasi organisasi

8.10. Menjelaskan konsep dasar dari pengelolaan proyek sistem informasi (SI)

8.11. Menerapkan perangkat dan teknik untuk perencanaan proyek seperti CPM, Gantt Chart, Program Manajemen Project

8.12. Mengidentifikasi dan memformulasikan ruang lingkup proyek sistem informasi

8.13. Mengidentifikasi dan mendokumentasikan risiko-risiko proyek,  serta menawarkan alternatif solusinya

8.14. Menjelaskan aspek-aspek quality assurance pada suatu pengelolaan proyek sistem informasi

8.15. Mengaplikasikan konsep dasar basis data dan prinsip pemrograman untuk mengembangkan sistem aplikasi

9 Sistem Enterprise

9.1. Menjelaskan dasar-dasar sistem enterprise dan isu-isu dalam penerapannya

9.2. Mengevaluasi analisis biaya, manfaat dan risiko dari penerapan sistem enterprise

9.3. Menjelaskan bagaimana peranan sistem enterprise dalam mengintegrasikan area fungsional bisnis

9.4. Mengidentifikasi, mendeskripsikan dan mengevaluasi perangkat lunak sistem enterprise

10 Kecakapan Hidup

10.1. Berfikir kritis, mengidentifikasi akar masalah dan pemecahannya secara komprehensif, serta mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data.

10.2. Mendemonstrasikan kemampuan komunikasi lisan dan tulisan yang berkaitan dengan aspek teknis dan nonteknis.

10.3. Memimpin dan bekerja dalam tim,mandiri dan bertanggung jawab terhadap pekerjaannya.

10.4. Memiliki integritas profesional dan berkomitmen terhadap nilai-nilai etika.

10.5. Memiliki sikap untuk belajar seumur    hidup (life-long learning).

Banyak anak yang sebaya yang ingin menimba ilmu di kampus namun, tak banyak yang dapat mewujudkannya. Maka dari itu saya bersyukur, bangga, dan akan berjuang dengan segenap jiwa untuk mengembangkan bakat dan mengasah sebuah skill dalam bidan IT. Saya tahu kedepan lulusan IT akan sangat berguna untuk merubah negeri tercinta lebih baik. Saya ingin ilmu yang saya dapatkan berguna bagi pekerjaan dan juga nusa bangsa, tak lupa saya ingin dengan ilmu dan cita cita saya dapat membuktikan dan membanggakan kedua orang tua saya nanti.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas KWU

Resensi Buku AL Fatih

Proses Bisnis COFFEE